Kamis, 05 Februari 2009

enterpreneur braveness to act

Seorang pengusaha harus mempunyai keberanian untuk bermimpi (bercita-cita), mencoba dan percaya diri.
Berani bermimpi artinya berani mempunyai cita-cita tentang masa depan usahanya. Cita-cita ini akan memberi inspirasi atau semangat guna mewujudkan cita-cita menjadi kenyataan. Mimpi bagi seorang usahawan adalah penting, sebab mimpi menjadi pendorong untuk berkarya guna mewujudkan impian menjadi kenyataan.
Berani bermimpi berarti berani mencoba. Tanpa adanya keberanian untuk mencoba mustahil suatu keberhasilan dapat diraih. keberanian mencoba juga berarti berani menanggung risiko, yaitu risiko gagal. Tetapi di balik risiko kegagalan tersebut ada kemungkinan juga dapat diraih suatu kesuksesan. Oleh karena itu beranilah menjadi orang yang sukses dan jangan takut akan kegagalan. “Kegagalan hanyalah sukses yang tertunda, selama Anda berani memacu semangat untuk melanjutkan langkah”.
Seorang pemberani pasti mempunyai kepercayaan diri yang besar dan memiliki kemauan yang keras. “Dengan kepercayaan diri yang besar Anda bisa melompat setinggi yang tidak pernah Anda bayangkan, tetapi tanpa kepercayaan diri, lompatan kecilpun tidak bisa Anda lakukan”. Keberanian merupakan modal awal bagi seorang pengusaha.

Kreativitas Dan Inovasi Sebagai Modal Kedua
Modal lain yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha, selain mempunyai kemampuan bergaul dan memimpin, adalah kreativitas dan inovasi. Seorang yang mempunyai kreativitas yang tinggi akan mudah mengantisipasi setiap kejadian, perubahan atau perkembangan. Setiap kejadian, perubahan atau perkembangan keadaan akan ditanggapi secara positif, dan akan dicari celah-celahnya untuk dijadikan peluang yang dapat dimanfaatkan. Seorang yang kreatif pasti memiliki kemauan yang kuat untuk menciptakan peluang. Kenyataan hidup mengajarkan kepada kita, bahwa bukan peluang yang menciptakan kemauan, melainkan kemauanlah yang menciptakan peluang.
Kreativitas dapat menimbulkan optimisme yang mendorong seseorang untuk menggeluti bisnisnya dengan antusias, karena ia yakin pasti akan berhasil. Optimisme menimbulkan kepercayaan dan harapan kepada Anda yang menunjukkan pada suatu kemajuan. “Tidak ada prestasi yang bisa diraih tanpa adanya harapan dan kepercayaan diri”.
Inovasi adalah sisi lain dari kreativitas. Seorang yang kreatif biasanya juga inovatif, yaitu dapat menemukan ide-ide pembaruan dan menemukan sesuatu yang baru. Sesungguhnya sebuah inovasi besar tidak diciptakan dari lompatan besar, melainkan dari evaluasi secara bertahap dari hal-hal yang telah diketahui.
Kejujuran Merupakan Modal Yang Paling Utama
Sesungguhnya yang menjadi modal paling utama dari keberhasilan seorang pengusaha adalah kejujuran. Dalam bisnis orang harus melakukan usahanya dengan jujur dan dapat dipercaya. Orang harus mempunyai komitmen yang tinggi pada pekerjaan dan pada janji-janji yang telah dibuat. Membangun kepercayaan di bidang bisnis adalah syarat mutlak yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha. Bisnis adalah kepercayaan, dan apabila kepercayaan tersebut hilang atau ternodai maka bisnis pasti akan lenyap. Ada nasehat yang mengatakan, apabila Anda ingin menjadi pengusaha hendaklah Anda menjunjung tinggi etika dan kejujuran dalam menjalankan bisnis.
Sesungguhnya peran emosi dalam bisnis kerap kali lebih menonjol bila dibandingkan dengan nalar. Itu tidak berarti bahwa peran nalar boleh diabaikan begitu saja. Tetapi harus diakui bahwa emosi atau yang disebut intuisi adalah lebih peka apabila dibandingkan dengan pertimbangan rasional. Oleh karena itu banyak pebisnis yang sukses yang mendasarkan bisnisnya terutama pada kontrol terhadap emosi.

Bersikap Terbuka Jalan Menuju Kemajuan
Harus selalu diingat bahwa dalam dunia bisnis tidak ada kegiatan yang hanya dilakukan seorang diri. Baik kegiatan intern di perusahaan maupun kegiatan berbisnis selalu berhubungan dengan orang lain. Kemampuan seorang pengusaha untuk bergaul dan bermasyarakat merupakan kunci keberhasilannya dalam berbisnis.
Apabila kita perhatikan bisnis selalu berkembang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknik, dan kemajuan masyarakat. Masalah bisnis menjadi semakin kompleks seturut dengan kemajuan usaha. Karena semuanya menjadi berubah maka seorang pengusaha yang tangguh akan mengikuti perubahan tersebut dan mengantisipasinya secara tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar